Posting Terbaru

Mengenang Peristiwa yang Saya Alami di Desember Bertahun Lalu

Gambar
Saya pernah dibuli dengan hebat di Desember 2019, karena saat itu saya mempertanyakan kenapa setiap saya masuk mall, mendadak suaranya dikeraskan. Saat itu kebetulan natal, dan saya dianggap mengeluhkan lagu Natalnya, dan bukan suara yang dikeraskan. Dan karena saya berhijab, dinegara dimana orang berhijab seringkali dituduh sebagai intoleran oleh para Islamophobic, maka saya langsung difitnah besar besaran. Sungguh lucu di negara yang katanya penganut muslim terbesar, tapi seorang muslim tidak bisa sama sekali bersuara. Bahkan saat dilecehkan oleh operator. Kata rasis dan Islamophobic seperti Kadrun, bertebaran menghina hijab saya. Bahkan sampai sekarang banyak artikel penulis murahan, yang isinya menguliahi saya dengan penjelasan yang tidak masuk akal mengenai keluhan saya. Padahal penjelasannya sederhana saja, yang di cuitkan oleh satu netizen yang saya rephrase :  "Ada kode khusus dikalangan retail shop/mall, jika ada kejadian tertentu, seperti ada pengunjung yang diduga akan

Beberapa Jenis Hantu yang Anda Perlu Ketahui

Pixabay/Ghost
*Artikel hantu-hantuan ini hanya untuk lucu-lucuan saja ya. Jangan serius terus!

Banyak teori mengenai apakah Hantu itu sebenarnya. Dan penjelasan yang paling banyak dipercaya adalah bahwa Hantu adalah merupakan suatu energi yang terbentuk terutama saat Arwah manusia atau hewan meninggalkan jasadnya. Tapi bukan arwah manusia itu sendiri.

Arwah dipercaya akan bereinkarnasi atau kembali ke surga atau menghilang –tergantung agama yang dianut- sementara jasadnya akan terurai oleh bumi. Tetapi energi manusia bisa tertinggal dan berkeliaran dipermukaan bumi. Menjadi Hantu.

Hantu biasanya terikat pada tempat dimana manusia atau hewan tersebut biasa beraktivitas atau terakhir kalinya beraktivitas sebelum meninggal. Mereka nyaman dan tidak mau dengan sukarela meninggalkan tempat itu. Selain itu tempat dimana Hantu ini terbentuk pun biasanya sudah dari sananya memiliki energi yang bisa mengakomodir Hantu.

Ada juga Hantu terbentuk karena energi manusia yang meninggal, mengikatkan dirinya pada orang-orang tertentu, biasanya karena ada emosi yang kuat antara dua orang saat meninggal. Misalnya meninggal dalam keadaan mendendam atau mencintai, seperti dalam film Ghost (1990) atau pada suatu benda, seperti jimat. Emosi dari Patrick Swazye yang meninggal bersambut dengan emosi Demi Moore, sehingga energinya tertinggal di bumi.
Pada dasarnya dunia Hantu dan dunia Manusia sebetulnya terpisah. Hantu tidak sembarangan bisa menengok dan menyentuh manusia, manusia pun jarang sekali yang bisa langsung melihat hantu. 
Tetapi terkadang ada anomali, sehingga kedua dunia ini bertemu. Bisa karena Manusianya yang membuka diri kepada dunia Hantu, baik sengaja melalui pemanggilan arwah maupun tidak sengaja, yaitu manusia yang memiliki sensifitas tinggi kepada hantu.

Hantu itu sebetulnya jarang sekali ada, karena diperlukan energi luar biasa besar untuk membentuk Hantu. Oleh sebab itu, jarang sekali satu manusia bisa menghasilkan satu hantu, yang lemah sekalipun. Biasanya diperlukan banyak manusia sekaligus dengan emosi yang serupa, baru bisa terbentuk hantu. Ini biasanya ada dikuburan massal dimana banyak orang mati sekaligus.

Anomali ini juga bisa terjadi di area-area yang memiliki energi tertentu dimana pembatas antara manusia dan hantu menjadi lemah. Rumah-rumah tua, hutan-hutan yang angker dan jauh dari sentuhan manusia, reruntuhan, dan sebagainya. Energi bagaikan berlipat ganda disini, sehingga bahkan manusia biasa pun bisa terpapar penampakan Hantu.

Pixabay/Castle

Terhadap kebanyakan hantu, kita bisa memilih untuk menutup diri. Jika kita acuhkan, berpikir secara logika fisika klasik, bahwa tidak ada hantu atau banyak berdoa pada Tuhan, lama-kelamaan sensitifitas kita berkurang.

Usia juga memegang peranan. Karena semakin dewasa, logika semakin terbentuk, dan logika ini bisa membentengi pandangan manusia terhadap dunia hantu. Sementara anak-anak dan Hewan yang tidak memiliki logika biasanya lebih sensitif terhadap hantu.

Berikut beberapa tipe hantu yang saya dapatkan dari berbagai sumber di internet :

Hantu Intelek
Hantu yang menyadari bahwa dia dalam batas tertentu bisa berinteraksi dengan manusia. Mungkin melalui medium tertentu atau lewat orang orang yang diberikan kemampuan ‘lebih’. Biasanya mereka dalam bentuk manusia dan punya karakter seperti manusia, ada yang baik, ada yang kurang baik.

Hantu intelek biasanya berusaha membuat manusia yang berada dalam wilayah kekuasaannya menyadari keberadaannya. Misalnya dengan menggerakkan benda-benda ringan, mematikan lampu, menyalakan air. Juga dengan suara-suara ketukan atau gemerisik. Kadang ada juga yang suka iseng menyembunyikan atau memindahkan barang-barang kecil kita.

Ada juga yang menunjukkan dirinya dalam bentuk bau. Tergantung pada karakter hantunya, biasanya kalau hantunya baik, berasal dari energi positif, maka kita bisa mendadak mencium bau wangi yang tidak seperti parfum maupun sabun.

Tapi Hantu intelek tidak betul-betul mengganggu manusia disekitarnya, cukup tahu saja bahwa mereka ada disana. Jika kegiatan mereka dirasa terlalu mengganggu, kita bisa meminta pada mereka untuk menghentikannya. Biasanya jika diminta baik-baik mereka akan berhenti.

Hantu Residual
Kadang ada orang yang meninggalkan jejak dirinya di dunia sebagai Hantu. Mengulang-ulang rutinitas yang dilakukannya semasa hidup. Tidak menyadari bahwa sebetulnya dia sudah meninggal dunia, biasanya karena mati mendadak.

Seperti profesor Cuthbert Binns dari Hary Potter, yang rutin selalu mengajar sejarah dalam jadwal tertentu. Meninggal dalam tidurnya saat berada diruang guru. Sama sekali tidak menyadari bahwa dia sudah meninggal, dia bangun dan terus mengajar seperti biasa. Tapi dalam bentuk hantu.

Hantu seperti ini hanya seperti film yang diulang-ulang. Tidak berinteraksi maupun peduli pada manusia. Tidak akan mengganggu, jadi bisa dibiarkan saja.

Poltergeist/ Hantu pemarah
Seperti hantu Intelek yang bisa berinteraksi dengan manusia, tetapi biasanya dilingkupi oleh kemarahan yang besar. Ini karena mereka meninggal karena alasan yang tidak wajar dan sangat kejam, misalnya karena dibunuh dengan disiksa dulu atau dipaksa bunuh diri, sehingga energi negatif mereka terlepas dalam jumlah besar. Poltergeist tidak menyukai manusia dan akan berusaha mengusir manusia dari wilayah kekuasaannya

Saat ada hantu ini, kita akan merasa seolah-olah sedang diawasi, meskipun tidak ada orang sama sekali didalam rumah. Tercium bau-bauan aneh. Barang-barang akan berpindah, karena dia bisa mengangkat benda-benda besar, lalu memindahkannya dari satu dimensi ke dimensi lain.

Energi Potergeist cukup besar sehingga bisa dilihat oleh anak-anak kecil dan hewan peliharaan. Jadi jika mendadak anjing peliharaan anda mendadak ketakutan atau anak anda bicara sendiri ke dinding yang kosong, mungkin saja rumah anda perlu dibersihkan. Karena Poltergeist cukup berbahaya dan bisa melukai anda secara fisik.

Seperti yang ada dalam film poltergeist tahun 1982, dimana Poltergeist bisa berkomunikasi lewat TV. Merayu anak-anak, lalu menguasai tubuh mereka, untuk dimanfaatkan sebagai alat untuk menyerang penghuni rumah dimana dia berdiam.

Hantu Kabut
Pernah memasuki suatu ruang dan mendadak merasa kedinginan, padahal tidak ada AC? Mungkin sekali ada Hantu Kabut disana.

Hantu bayangan ini biasanya punya penampakan seperti kabut tipis atau bola berwarna putih, dan kadang kadang bisa ditangkap oleh kamera foto. Hantu ini juga bisa mengawasi manusia dan menembus dinding.
Pixabay/Ghost
Ini adalah hantu yang sudah sangat lama berkeliaran dibumi, sehingga mulai mewujud kembali meski sangat samar. Hantu seperti ini biasanya berdiam di bangunan-bangunan tua yang terbengkalai, bahkan sudah runtuh.

Hantu Bayangan
Kadang kita melihat dari sudut mata seolah ada orang disana, tapi saat menengok, ternyata tidak ada siapa-siapa. Itulah Hantu Bayangan.

Hantu ini jarang menampakkan dirinya dihadapan manusia, tapi dia suka mengikuti manusia dari belakang. Karena itu terkadang kita bisa melihatnya dari sudut mata kita.

Jika ada yang berhasil berhadap-hadapan langsung dengan Hantu Bayangan, maka dia akan melihat suatu bentuk gelap, yang seolah menyerap seluruh cahaya kedalam ketiadaan. Perlahan-lahan, jika terus ditatap, dia akan terurai dan terserap kedalam benda benda disekelilingnya. Lantai, langit-langit, patung dan sebagainya.

Hantu Setan
Ini adalah tipe terjahat dari semua hantu. Sama sekali bukan merupakan sisa dari kehidupan manusia atau hewan. Ada yang mengatakan sebenarnya ini tidak termasuk Hantu, melainkan Setan. Tetapi saya berargumentasi bahwa Setan adalah entiti tersendiri, sedangkan Hantu Setan adalah Hantu yang berasal dari kekuatan gelap yang mendapatkan pengaruh setan, tapi bukan Setan. (tolong jangan dicrosscheck ke Al Quran, karena ini 100% ngasal aja)

Hantu ini sangat kuat dan manipulatif. Bisa mewujud kedalam bentuk apa saja, merasakan kegelapan terdalam dalam jiwa manusia, lalu menguatkannya sehingga orang yang dipengaruhi hantu ini menjadi rusak mentalnya sehingga bisa dia kendalikan secara fisik. Alias kesurupan.

Yang menyeramkan, hantu ini ingin berpindah alam dari alam Ghaib ke alam nyata. Karenanya mereka perlu menguasai manusia, sebagai medium perpindahan mereka. Arwah manusia secara alamiah akan menolak dikuasai Hantu, kecuali mereka yang jahat dari dalam. Jadi Hantu Setan ini akan menyakiti fisik dan mental manusia yang ditumpanginya sampai jadi cukup lemah sehingga dia bisa menguasai manusia sepenuhnya.

Hantu ini harus diusir oleh pengusir hantu profesional seperti dalam film The Exorcist. Dalam film itu, Hantu pertama menampilkan dirinya sebagai paman yang baik, lalu kemudian setelah mendapatkan kepercayaan, bagian tubuhnya dilemahkan satu demi satu,  sampai akhirnya kepalanya bisa diputar 180 derajat tanpa jadi patah.
--

Begitulah
Satu hal yang perlu diperhatikan dalam urusan hantu ini, kita jangan mengucapkan secara jelas bahwa ada hantu. Karena apa yang kita ucapkan, bisa jadi kenyataan. Bisa terwujud sebagai hantu beneran!

Karenanya, kita harus mengabaikannya saja dan banyak-banyak berdoa meminta perlindungan dari Tuhan yang maha kuasa.

Source : Youtube


*Penulis adalah penggemar berat film-film horror


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Manga Bela Diri Jadul Favorit

Yakuza, Organisasi Kriminal yang Menjaga Etika

Seri 12 Dewa Olympus 6 : Apollo, Dewa Tampan Serba Bisa