Posting Terbaru

Mengenang Peristiwa yang Saya Alami di Desember Bertahun Lalu

Gambar
Saya pernah dibuli dengan hebat di Desember 2019, karena saat itu saya mempertanyakan kenapa setiap saya masuk mall, mendadak suaranya dikeraskan. Saat itu kebetulan natal, dan saya dianggap mengeluhkan lagu Natalnya, dan bukan suara yang dikeraskan. Dan karena saya berhijab, dinegara dimana orang berhijab seringkali dituduh sebagai intoleran oleh para Islamophobic, maka saya langsung difitnah besar besaran. Sungguh lucu di negara yang katanya penganut muslim terbesar, tapi seorang muslim tidak bisa sama sekali bersuara. Bahkan saat dilecehkan oleh operator. Kata rasis dan Islamophobic seperti Kadrun, bertebaran menghina hijab saya. Bahkan sampai sekarang banyak artikel penulis murahan, yang isinya menguliahi saya dengan penjelasan yang tidak masuk akal mengenai keluhan saya. Padahal penjelasannya sederhana saja, yang di cuitkan oleh satu netizen yang saya rephrase :  "Ada kode khusus dikalangan retail shop/mall, jika ada kejadian tertentu, seperti ada pengunjung yang diduga akan

Seri 12 Dewa Olympus 3 : Poisedon, Penguasa Samudera

Pixabay/Poisedon

12 Dewa Olympius merupakan 12 Dewa terkuat dan terpopuler dalam kisah-kisah Yunani Kuno. Mereka adalah : Zeus, Hera, Poseidon, Demeter, Athena, Apollo, Artemis, Ares, Aphrodite, Hephaestus, Hermes, dan Hestia atau Dyonisius.

Meskipun mereka adalah dewa-dewa utama, tapi mereka bukan pencipta langit dan bumi. Mereka bahkan bukan generasi pertama dari dewa-dewa. Mereka harus berperang terlebih dahulu untuk bisa mendapatkan posisi ini. Hebat kan?

Biodata :
Nama: Poisedon
Kedudukan: Raja Lautan
Menguasai: Lautan, Badai, Gempa Bumi, dan Kuda
Simbol : Petir, Perisai, Pohon Oak (Ek), dan Tongkat kerajaan
Poisedon, Dewa Penguasa Lautan, sungai, dan segala yang berkaitan dengannya. Sebetulnya punya Istana sendiri di Lautan Aegea, Atlantis. Tetapi karena dia sering berkunjung ke Olympus, maka dimasukkan kedalam daftar 12 Dewa terkuat di Olympus.

Kekuatan Poisedon sebetulnya tidak kalah dari Zeus, meski senjata Petir Zeus dianggap lebih kuat ketimbang Trisula Poisedon. Tetapi saat pembagian wilayah kekuasaan, Poisedon kalah dalam undian, sehingga dia mendapatkan kekuasaan di lautan ketimbang kekuasaan Langit, yang sebetulnya lebih diinginkannya.

Ini menyebabkan Poisedon selalu merasa iri pada Zeus, dan terkadang diam-diam menentangnya. Perasaan iri Poisedon ini terkadang dimanfaatkan Hera untuk membalaskan kecemburuannya pada Zeus yang suka selingkuh. Meski Poisedon wajib mematuhi Zeus sebagai raja, pertengkaran antara Zeus dan Poisedon terkadang pecah juga, menyebabkan Badai dilautan bersahut-sahutan dengan petir yang bertalu-talu.

Samudera luas bisa menggambarkan karakter Poisedon. Seperti Zeus, Poisedon pun angin anginan, tetapi dengan intensitas yang jauh lebih kuat. Saat tenang, Poisedon akan sangat baik sekali, memberikan perlindungan kepada para pelaut yang berlayar disamuderanya, memberikan hasil ikan yang banyak pada nelayan, bahkan membentuk pulau pulau baru untuk digunakan manusia.

Tetapi saat mengamuk, sangat menyeramkan. Tidak ada yang bisa berlindung dari kemarahan Lautan. Poisedon akan memacu kereta kudanya dan mengembara disekitar lautan, menghujamkan trisulanya, menimbulkan banyak bencana. Badai akan muncul bergulung-gulung membuat lautan bergolak menghempaskan mereka yang berlayar, bumi bisa terbelah karena trisula yang menghujam kebumi menimbulkan gempa yang dahsyat, air akan membanjir menenggelamkan segalanya.

Biasanya, saat terjebak ditengah badai dilautan, pelaut Yunani Kuno akan melemparkan kuda hidup ke lautan untuk menenangkan Poisedon. Kuda dipercaya merupakan hewan ciptaan kesayangan Poisedon. Bahkan percintaannya dengan Medusa, wanita berambut ular, menghasilkan Pegasus, Kuda putih bersayap yang bisa terbang.

Pixabay/Pegasus

Diawal kekuasaannya, Poisedon jatuh cinta pada seorang peri lautan bernama Amphitrite. Peri-peri lautan ini adalah putri-putri dari Raja lautan terdahulu Nereus, yang bertugas menuntun dan menyelamatkan pelaut dan nelayan yang tersasar dan tenggelam di samudera.

Ampithrite selain cantik memiliki suara sangat merdu dan menentramkan. Saat Poisedon mengamuk, hanya suara Ampithrite yang dapat menenangkan kemarahannya.

Ampithrite juga sangat pemalu dan pada awalnya selalu menghindari Poisedon dengan bersembunyi dibelakang saudari-saudarinya. Namun suatu hari Poisedon mendengar Ampithrite bernyanyi lembut. Menyusuri jejak alunan suara nyanyiannya akhirnya Poisedon bertemu langsung dan jatuh cinta pada Ampithitre.

Namun Ampithrithe menolak Poisedon yang sangat menyeramkan saat marah, takut akan dijadikan bulan-bulanannya. Segala cara dicoba Poisedon untuk mengambil hatinya, namun Ampithrite malah kabur. Menyebabkan Poisedon depresi berat karena patah hati.

Melolong-lolong sedih di Istananya, Poisedon terus merindukan Ampithrite. Kegelisahannya menyebabkan seluruh penghuni lautan menjadi tidak tenang. Akhirnya mereka mengirimkan Delphine, dewa lumba-lumba yang periang untuk mencari pujaan hati Poisedon sampai ketemu.

Ternyata Delphine berhasil menenangkan Ampithrite yang ketakutan dan membawanya kembali pada Poisedon. Poisedon berjanji akan selalu memperlakukan Ampithrite dengan hormat, tidak akan pernah mengamuk bahkan akan berusaha menenangkan diri saat marah, jika Ampithrite memintanya. Ini adalah suatu janji besar dari seorang Dewa super temperamental seperti Poisedon.

Pernikahan Ampithrite dan Poisedon adalah salah satu perayaan terbesar yang pernah dialami kerajaan Samudera. Dan benarlah, Poisedon menepati janjinya dan selalu memperlakukan Ampithrite dengan baik, sehingga pernikahan mereka berlangsung sangat damai. Berbeda dengan pernikahan Zeus dan Hera yang pencemburu.

Bon Boullogne - Triumph of Neptune. Source : commons.wikimedia.org

Tentu saja Poisedon sesekali berselingkuh baik dengan sesama dewa, maupun manusia, wanita dan pria. Kehidupan dewa yang abadi terlalu membosankan jika hanya punya satu istri. Tetapi Ampithrite yang baik hati bisa memahami dan tidak bersikap cemburuan (kecuali pada Scilla, peri yang diubahnya menjadi monster lautan). Bahkan bersikap melindungi terhadap anak-anak tiri mereka.

 

Dalam seri ini :

Seri 12 Dewa Olympus 1   : Zeus, Raja Para Dewa
Seri 12 Dewa Olympus 2   : Hera, Pemimpin para Ibu yang Pencemburu
Seri 12 Dewa Olympus 3   : Poisedon, Penguasa Samudera
Seri 12 Dewa Olympus 4   : Demeter, Penentu Hasil Panen
Seri 12 Dewa Olympus 5   : Athena, Dewi Kebijaksanaan yang Tidak Mau Kalah
Seri 12 Dewa Olympus 6   : Apollo, Dewa Tampan Serba Bisa
Seri 12 Dewa Olympus 7   : Artemis, Dewi Pemburu Pencinta Alam Liar
Seri 12 Dewa Olympus 8   : Ares, Dewa Perang yang Dipuja dan Dibenci
Seri 12 Dewa Olympus 9   : Aphrodite, Dewi Percintaan yang Menguasai Cinta Manusia dan Dewa
Seri 12 Dewa Olympus 10 : Hephaestus, Dewa Api yang Terampil
Seri 12 Dewa Olympus 11 : Hermes, Pengantar Pesan yang Iseng
Seri 12 Dewa Olympus 12 : Dionysus, Dewa Anggur yang Ekstrim

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Manga Bela Diri Jadul Favorit

Yakuza, Organisasi Kriminal yang Menjaga Etika

Seri 12 Dewa Olympus 6 : Apollo, Dewa Tampan Serba Bisa