Posting Terbaru

Mengenang Peristiwa yang Saya Alami di Desember Bertahun Lalu

Gambar
Saya pernah dibuli dengan hebat di Desember 2019, karena saat itu saya mempertanyakan kenapa setiap saya masuk mall, mendadak suaranya dikeraskan. Saat itu kebetulan natal, dan saya dianggap mengeluhkan lagu Natalnya, dan bukan suara yang dikeraskan. Dan karena saya berhijab, dinegara dimana orang berhijab seringkali dituduh sebagai intoleran oleh para Islamophobic, maka saya langsung difitnah besar besaran. Sungguh lucu di negara yang katanya penganut muslim terbesar, tapi seorang muslim tidak bisa sama sekali bersuara. Bahkan saat dilecehkan oleh operator. Kata rasis dan Islamophobic seperti Kadrun, bertebaran menghina hijab saya. Bahkan sampai sekarang banyak artikel penulis murahan, yang isinya menguliahi saya dengan penjelasan yang tidak masuk akal mengenai keluhan saya. Padahal penjelasannya sederhana saja, yang di cuitkan oleh satu netizen yang saya rephrase :  "Ada kode khusus dikalangan retail shop/mall, jika ada kejadian tertentu, seperti ada pengunjung yang diduga akan

Seri 12 Dewa Olympus 4 : Demeter, Penentu Hasil Panen

Demeter. Source : Weebly.com
Bercerita mengenai dewa-dewi Yunani kuno, maka kita harus menanggalkan aturan norma yang berlaku untuk manusia biasa. Incest, Pembunuhan orang tua, kanibalisme, homoseksualitas, semua bisa terjadi di dunia para dewa.

Satu dari Dua belas Dewa Olympus, Demeter adalah salah satu dewi terpenting bagi para petani. Karena dia berkuasa untuk menentukan masa tanam dan hasil panen. Tidak hanya itu, masalah gizi dan kesejahteraan pangan pun dikuasai oleh Demeter.

Biodata
Nama : Demeter 
Kedudukan : Dewi Panen
Menguasai : Pertanian, kesuburan tanaman, dan Panen
Simbol : Gandum, Obor dan Roti
 
Orang mengira kekuatan Demeter tidaklah istimewa, tidak sedahsyat Zeus dengan petirnya yang bertalu-talu atau Poisedon yang mampu membelah bumi. Tapi tanpa panen, tanpa gizi yang cukup, orang akan mati sengsara karena kelaparan.

Demeter tidak punya banyak kisah cinta dalam hidupnya yang abadi. Selain berhubungan dengan Poisedon dan Zeus, Demeter hanya pernah jatuh cinta pada seorang manusia biasa, Iaison. Namun Zeus tidak merestui hubungan itu. Karena merasa tidak sepantasnya adiknya yang Dewi berhubungan dengan manusia fana. Padahal Zeus sendiri punya banyak kekasih manusia!! Betapa tidak adil! Dasar lelaki! (..eeeh)

Jadi begitu Zeus mengetahui bahwa Demeter berhubungan dengan Iaison, langsung dibunuhnya pemuda itu dengan satu lemparan petir. Demeter begitu sedih, namun tidak ada gunanya melawan kehendak Zeus. Untung ada sepasang anak kembar hasil hubungannya dengan Iaison yang cukup menghibur hatinya. Plutous, dewa kekayaan dan Philomeus, dewa bercocok tanam.

Saat berkelana ditepi pantai, Poisedon, yang juga kakak kandungnya sendiri, melihatnya dan jatuh cinta. Tapi Demeter tidak menyukai Poisedon yang sering kali terlalu intens. Jadi Demeter langsung mengubah dirinya menjadi Kuda betina dan lari kedaratan.

Tapi ternyata bagi ayah para kuda, bentuk kuda betina tidak bisa memadamkan gairah Poisedon. Dia pun langsung mengubah dirinya menjadi kuda Jantan dan memperkosa Demeter. Yang kemudian sekali lagi hamil dengan anak kembar. Despoena, seorang peri dan Arion, kuda yang bisa berbicara.

Akhirnya Zeus mengangkat Demeter menjadi istrinya, dengan demikian Demeter berada dalam perlindungan Zeus. Dari hubungan ini lahirlah Persephone, dewi kehidupan tumbuhan yang merupakan putri kesayangan Demeter. Cinta sejatinya.

Demeter mencintai Persephone lebih dari segalanya. Dalam banyak karya seni, Demeter seringkali digambarkan berpasangan dengan Persepone saat memerintah manusia. Jadi bisa dibayangkan betapa hancurnya perasaan Demeter saat Hades, dewa kematian, menculik Persephone.

Persephone and Demeter. Source : Wikipedia.org

Hades sudah cukup lama jatuh cinta pada Persphone. Tetapi karena dia selalu dalam penjagaan ibunya, Hades hanya bisa menahan diri. Demeter tidak menyukai Hades, yang juga adalah kakaknya, yang ingin menyeret putrinya kealam bawah tanah. Terutama karena itu berarti Demeter tidak akan bisa lagi bertemu dengan Persephone.

Namun tidak disangka, Persephone pun jatuh cinta kepada Hades. Setelah berjumpa beberapa kali dengan Hades tanpa sepengetahuan Demeter, akhirnya Persephone memutuskan untuk menikahi Hades dan tinggal di dunia bawah tanah, dunia kematian. Ini bukanlah keputusan yang mudah bagi Persephone, karena dia sangat menyayangi ibundanya. Namun ternyata cinta Hades lah yang menang.

Demeter kebingungan setelah beberapa lama Persephone tidak kembali kesisinya. Bertanya kepada Helios, dewa matahari yang serba tahu, Demeter akhirnya mengetahui bahwa Hades ternyata berhasil merenggut Persephone tercinta dari sisinya.

Demeter sangat murka sekaligus berduka karena anaknya telah diculik (dia tidak mengakui pernikahan Persephone sebagai suatu hal yang dilakukan secara sukarela) dan berkelana keseluruh penjuru bumi untuk bisa merebut Persephone kembali dari Hades. Meminta langsung kepada Hades tentu tidak mungkin, karena Hades tidak akan bersedia melepaskan istri tercintanya.

Evelyn de Morgan - Demeter Mourning for Persephone, 1906. Source : Wikimedia

Dalam dukanya, Demeter mengabaikan tugas-tugasnya sebagai dewi Panen. Pada saat itu panen gagal karena dunia menjadi dingin dan kacau. Tanah menolak menumbuhkan bibit apapun. Perlahan-lahan manusia kehabisan makanan dan satu persatu mati kelaparan.

Manusia mencoba memohon, menyembahkan kurban, memberikan hadiah dan puja puji kepada Demeter. Tapi semua tidak diacuhkan oleh Demeter yang merasa dunia sudah kiamat tanpa Persephone. Jika dia tidak bisa hidup, kenapa manusia boleh hidup?

Akhirnya manusia berpaling pada Zeus, raja para dewa untuk mencoba membujuk Demeter. Tetapi ini pun tidak ada gunanya. Demeter menolak untuk mendengarkan. Dan betapapun perkasanya Zeus, dia hanya bisa berperang dan menjadi pahlawan, bukan memberikan makanan lewat tanaman pangan.

Saat Zeus mencoba memaksa, Demeter malah melarikan diri. Menyamar sebagai wanita tua, Demeter bersembunyi diantara manusia. Menjadi pengasuh dari cucu raja Celeus di kerajaan Eleuis. Disana dengan aman Demeter bisa terus berduka atas ‘kematian’ putrinya.

Sementara itu cuaca bertambah buruk, bagaikan musim dingin sepanjang waktu. Zeus menyadari, manusia sudah berada diambang kehancurannya. Dan akhirnya mengutus Hermes untuk menculik kembali Persephone dari pelukan Hades. Hal yang sangat riskan, mengingat Hades bisa saja mengamuk dan memutuskan untuk mengadakan perang terbuka.

Tapi ternyata Hades pun menyadari bahwa kepunahan manusia sudah tinggal menunggu waktu. Betapa pun senangnya dia mendapatkan penduduk bawah tanah yang baru, tapi jika bumi punah, maka dunia bawah tanah pun bisa dikatakan berakhir. Akhirnya Hades setuju untuk mengembalikan Persephone.

The return of Persephone, by Frederic Leighton (1891). Source :Wikipedia

Tapi tidak seutuhnya. Persephone, yang sudah memakan biji buah delima dari kerajaan Hades, ternyata akan mati jika terus-terusan berada didunia manusia. Dia harus kembali dalam jangka waktu tertentu didunia bawah tanah untuk kembali menyegarkan diri.

Tidak diduga ini adalah pengaturan yang baik sekali. Biar bagaimanapun Persephone juga sangat mencintai Ibunya. Setiap tahun Persephone dan Demeter bisa bergabung bersama. Dunia menjadi cerah, segala tumbuhan pun hidup dengan subur. Inilah musim semi dan musim panas. Manusia bisa bercocok tanam dan menuai hasil panen untuk melangsungkan hidupnya.

Dimusim gugur, Demeter menyadari bahwa dia harus kehilangan putrinya sementara waktu sehingga hari-hari mulai memendek dan menjadi suram. Dan dimusim dingin, Demeter akan menangis berbulan bulan merindukan Persephone yang sedang berada dipelukan suaminya Hades. Kesedihannya membuat bumi menjadi dingin membeku, semua tanaman pangan tidak bisa tumbuh, sampai saatnya Persephone kembali dimusim semi nanti.

 

Dalam seri ini :

Seri 12 Dewa Olympus 1   : Zeus, Raja Para Dewa
Seri 12 Dewa Olympus 2   : Hera, Pemimpin para Ibu yang Pencemburu
Seri 12 Dewa Olympus 3   : Poisedon, Penguasa Samudera
Seri 12 Dewa Olympus 4   : Demeter, Penentu Hasil Panen
Seri 12 Dewa Olympus 5   : Athena, Dewi Kebijaksanaan yang Tidak Mau Kalah
Seri 12 Dewa Olympus 6   : Apollo, Dewa Tampan Serba Bisa
Seri 12 Dewa Olympus 7   : Artemis, Dewi Pemburu Pencinta Alam Liar
Seri 12 Dewa Olympus 8   : Ares, Dewa Perang yang Dipuja dan Dibenci
Seri 12 Dewa Olympus 9   : Aphrodite, Dewi Percintaan yang Menguasai Cinta Manusia dan Dewa
Seri 12 Dewa Olympus 10 : Hephaestus, Dewa Api yang Terampil
Seri 12 Dewa Olympus 11 : Hermes, Pengantar Pesan yang Iseng
Seri 12 Dewa Olympus 12 : Dionysus, Dewa Anggur yang Ekstrim

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Manga Bela Diri Jadul Favorit

Yakuza, Organisasi Kriminal yang Menjaga Etika

Seri 12 Dewa Olympus 6 : Apollo, Dewa Tampan Serba Bisa