Posting Terbaru

Mengenang Peristiwa yang Saya Alami di Desember Bertahun Lalu

Gambar
Saya pernah dibuli dengan hebat di Desember 2019, karena saat itu saya mempertanyakan kenapa setiap saya masuk mall, mendadak suaranya dikeraskan. Saat itu kebetulan natal, dan saya dianggap mengeluhkan lagu Natalnya, dan bukan suara yang dikeraskan. Dan karena saya berhijab, dinegara dimana orang berhijab seringkali dituduh sebagai intoleran oleh para Islamophobic, maka saya langsung difitnah besar besaran. Sungguh lucu di negara yang katanya penganut muslim terbesar, tapi seorang muslim tidak bisa sama sekali bersuara. Bahkan saat dilecehkan oleh operator. Kata rasis dan Islamophobic seperti Kadrun, bertebaran menghina hijab saya. Bahkan sampai sekarang banyak artikel penulis murahan, yang isinya menguliahi saya dengan penjelasan yang tidak masuk akal mengenai keluhan saya. Padahal penjelasannya sederhana saja, yang di cuitkan oleh satu netizen yang saya rephrase :  "Ada kode khusus dikalangan retail shop/mall, jika ada kejadian tertentu, seperti ada pengunjung yang diduga akan

Seri 12 Dewa Olympus 11 : Hermes, Pengantar Pesan yang Iseng

Source : Wikimedia Common

Dewa Yunani tidak semuanya serius, heroik dan punya harga diri yang tinggi. Ada satu dewa yang super iseng dan suka melakukan tipu daya, tidak hanya pada manusia, tapi juga sesama dewa : Hermes.

Hermes yang ini sama sekali tidak ada hubungannya dengan brand tas yang super mahal itu. Brand Hermes berasal dari nama pendirinya, Thierry Hermes.

Biodata 
Nama : Hermes
Kedudukan : Dewa Pengantar pesan dan Dewa Tipu Daya
Menguasai : Kecepatan, Tipudaya, Negosiasi
Simbol :
Helm bersayap, Tongkat ular, dan Kura-kura
Hampir segala sesuatu yang berkaitan dengan kecepatan, kecerdikan dan tipu daya dikuasai oleh Hermes. Dia menjadi dewa pembawa berita, pencuri, atlit, perdagangan, penterjemah dan yang pasti penipu. Hermes juga merupakan penghubung antara dunia manusia dengan dunia bawah tanah yang dikuasai oleh Hades. Saat orang meninggal, Hermes-lah yang akan mengantar jiwanya kepada Hades.

Bahkan saat tidur, saat dimana orang Yunani Kuno menganggap jiwa bisa meninggalkan tubuh, mereka akan menuangkan sedikit minuman keras ketanah sebagai persembahan untuk Hermes. Agar Hermes melindungi jiwa mereka.

Keisengan Hermes sudah muncul beberapa saat setelah dia dilahirkan. Sebagai putra dari Zeus dengan seorang peri, Maia, Hermes sudah bisa berjalan dan berbicara begitu dia dilahirkan. Dan hal pertama yang dia lakukan saat masih bayi adalah mencuri sapi-sapi saudara tirinya Apollo, karena dia merasa lapar.

Agar tidak ketahuan Apollo, Hermes menyihir kaki para sapi sehingga memutar 180 derajat. Ini membuat sapi seolah berjalan mundur. Lalu Hermes menggiring sapi-sapi itu ke kediamannya, di gua dimana dia tinggal bersama ibunya. Semua ini dilakukannya secepat kilat.

Setelah kenyang memakan daging sapi itu, Hermes lalu mempersembahkan sisanya pada Zeus. Pada ibunya dia menjelaskan bahwa, dia berhak untuk hidup bersama para dewa di Olympus dan bukannya di gua bawah tanah. Sapi-sapi khusus milik Apollo akan membuat Zeus memperhatikan dia.

Tapi ternyata tidak saja Zeus yang memperhatikan, Apollo pun jadi tahu lokasi Hermes. Segera dia mendatangi gua tempat tinggal Hermes untuk menghukumnya.

Namun Hermes yang cerdik membujuk Apollo agar tidak marah. Dia menangkap sebuah kura-kura, lalu mengubah tempurungnya menjadi sebuah lira yang bunyinya sangat indah dan merdu. Lalu dipersembahkannya pada Apollo yang memang merupakan pencinta musik.

Apollo sangat menyukai liranya, sebagai balasannya Apollo memberikan sebuat tongkat sihir yang bisa membuat orang tertidur. Tongkat yang berbentuk sepasang ular melingkar. Tongkat ini kemudian menjadi salah satu simbol dari Hermes. Sejak itu Apollo dan Hermes bersahabat baik.

Zeus pun terkesan dengan kecerdasan dan kecepatan Hermes, dan mengangkatnya menjadi dewa pembawa pesan resmi di Olympus. Menghubungkan antar para dewa, juga antar dewa dengan makhluk lainnya seperti manusia.

Salah satu tugas Hermes adalah menyampaikan berbagai pengetahuan dewa yang bisa berguna bagi manusia. Misalnya mengajarkan keadilan, sistem pemerintahan, juga cara-cara memberikan persembahan pada para dewa agar mendapatkan perlindungan mereka. Karena tugasnya ini, Hermes menjadi salah satu dewa yang paling menyayangi dan dekat dengan manusia.

 

Dalam seri ini :

Seri 12 Dewa Olympus 1   : Zeus, Raja Para Dewa
Seri 12 Dewa Olympus 2   : Hera, Pemimpin para Ibu yang Pencemburu
Seri 12 Dewa Olympus 3   : Poisedon, Penguasa Samudera
Seri 12 Dewa Olympus 4   : Demeter, Penentu Hasil Panen
Seri 12 Dewa Olympus 5   : Athena, Dewi Kebijaksanaan yang Tidak Mau Kalah
Seri 12 Dewa Olympus 6   : Apollo, Dewa Tampan Serba Bisa
Seri 12 Dewa Olympus 7   : Artemis, Dewi Pemburu Pencinta Alam Liar
Seri 12 Dewa Olympus 8   : Ares, Dewa Perang yang Dipuja dan Dibenci
Seri 12 Dewa Olympus 9   : Aphrodite, Dewi Percintaan yang Menguasai Cinta Manusia dan Dewa
Seri 12 Dewa Olympus 10 : Hephaestus, Dewa Api yang Terampil
Seri 12 Dewa Olympus 11 : Hermes, Pengantar Pesan yang Iseng
Seri 12 Dewa Olympus 12 : Dionysus, Dewa Anggur yang Ekstrim

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Manga Bela Diri Jadul Favorit

Yakuza, Organisasi Kriminal yang Menjaga Etika

Seri 12 Dewa Olympus 6 : Apollo, Dewa Tampan Serba Bisa