Posting Terbaru

Mengenang Peristiwa yang Saya Alami di Desember Bertahun Lalu

Gambar
Saya pernah dibuli dengan hebat di Desember 2019, karena saat itu saya mempertanyakan kenapa setiap saya masuk mall, mendadak suaranya dikeraskan. Saat itu kebetulan natal, dan saya dianggap mengeluhkan lagu Natalnya, dan bukan suara yang dikeraskan. Dan karena saya berhijab, dinegara dimana orang berhijab seringkali dituduh sebagai intoleran oleh para Islamophobic, maka saya langsung difitnah besar besaran. Sungguh lucu di negara yang katanya penganut muslim terbesar, tapi seorang muslim tidak bisa sama sekali bersuara. Bahkan saat dilecehkan oleh operator. Kata rasis dan Islamophobic seperti Kadrun, bertebaran menghina hijab saya. Bahkan sampai sekarang banyak artikel penulis murahan, yang isinya menguliahi saya dengan penjelasan yang tidak masuk akal mengenai keluhan saya. Padahal penjelasannya sederhana saja, yang di cuitkan oleh satu netizen yang saya rephrase :  "Ada kode khusus dikalangan retail shop/mall, jika ada kejadian tertentu, seperti ada pengunjung yang diduga akan

Seri 12 Dewa Olympus 9 : Aphrodite, Dewi Percintaan yang Menguasai Cinta Manusia dan Dewa


Venus and Mars, Boticelli. Source : Wikimedia common

Tiga dewi bersaing ketat sebagai dewi tercantik di dunia : Athena, Hera dan Aphrodite. Tapi dalam Iliad diputuskan bahwa Aphrodite mengalahkan keduanya dalam hal kecantikan, karena daya tariknya ditambah dengan kekuasaannya untuk memberikan dan mengambil cinta.

Adalah Paris, Raja dari Kerajaan Troy, yang diperintahkan oleh Zeus untuk menjadi penentu siapa yang paling cantik diantara ketiganya, saat ketiganya bersaing mendapatkan apel emas bertuliskan “Yang Tercantik”.

Saat Paris sedang menimbang-nimbang, mulailah para dewi ini menawarkan sogokan agar terpilih. Hera menawarkan kekuasaan yang meliputi Eropa dan Asia. Athena menawarkan kekuatan dan kebijaksaanaan dalam pertempuran. Dan Aphrodite Sang Dewi Keindahan dan Kecantikan, menawarkan cinta. Dan ternyata cintalah yang menang.

Tentu saja ternyata cinta yang ditawarkan oleh Aphrodite (baca:Afro dai ti) yang sembrono adalah Helen of Sparta, yang meski cantik rupawan tapisudah memiliki suami. Dan urusan cinta ini malah menyebabkan salah satu perang legendaris dalam kisah-kisah Yunani kuno : Perang Troya.
Biodata 
Nama : Aphrodite
Kedudukan : Dewi Kecantikan dan Dewi Cinta
Menguasai : Cinta, Keindahan, Nafsu dan Hubungan seksual
Simbol : Lumba-lumba, mawar, burung merpati, kerang, cermin dan angsa

Begitu cantik dan kuatnya daya tarik Aphrodite, sampai Zeus ngeri sendiri saat melihat potensi kekacauan yang mungkin ditimbulkan akibat kecantikan ini. Begitu sampai di Olympus untuk pertama kali, Zeus langsung menikahkannya dengan putranya Hephestus. Dengan demikian semua dewa dewa tidak akan bisa lagi berbunuh-bunuhan memperebutkan dewi tercantik ini.

Versi kelahiran paling terkenal dari Aphrodite adalah sesuai yang digambarkan dalam lukisan Boticelli : The Birth of Venus, dimana Venus (nama Romawi untuk Aphrodite) lahir dari buih-buih dilautan sudah dalam keadaan dewasa. Diantarkan oleh sebuah kerang raksasa ketepi pantai dengan dorongan hembusan angin yang ditiupkan oleh Zephyr dan Aura, dewa angin.

Birth of  Venus, Boticelli. Source : Wikipedia

Aphrodite hampir selalu digambarkan dalam keadaan telanjang atau setengah telanjang, dengan rambut terurai panjang berwarna keemasan bagai matahari, dengan mata sebiru langit dan kulit seputih buih lautan yang melahirkannya.

Kekuasaan Aphrodite dalam percintaan meliputi segala aspek, mulai dari kecintaan terhadap keluarga, cinta antar kekasih, nafsu dalam percintaan, dan keinginan untuk melanjutkan keturunan.

Anak-anak Aphrodite pun banyak berperan dalam percintaan. Seperti Eros, Dewa Hasrat Percintaan, yang juga dikenal sebagai Cupid, yang suka menjodohkan orang dengan panahnya. Anteros, dewa pembalas dendam cinta yang ditolak. Harmonia, dewi perdamaian.

Meskipun dinikahkan dengan Hephestus yang sangat mencintainya, tetapi Aphrodite bukanlah wanita yang setia. Meskipun Hephestus memenuhi segala kebutuhannya dan melimpahi Aphrodite dengan semua kemewahan yang bisa diberikan, tapi Hephestus tidak tampan. Sementara kecantikan rupa sangat penting bagi Aphrodite.

Jadilah Dewi Cantik ini berganti-ganti berselingkuh dengan para dewa dan manusia fana yang rupawan. Termasuk diantaranya Ares, yang kemudian menjadi salah satu kekasih utamanya, Dionysius, Hermes, Poisedon, dan tentu yang paling terkenal : Adonis.

Adonis dimasa sekarang, menjadi julukan untuk pria muda yang luar biasa tampan dan sempurna secara fisik. Ini disesuaikan dengan legenda ketampanan Adonis yang sempurna, sehingga tidak hanya memikat Aphrodite, tetapi juga istri dari Hades sang penguasa kematian, Persephone.

Awalnya Adonis adalah milik Aphrodites seorang. Tetapi dalam sebuah kecelakaan berburu, Adonis tewas terbunuh Babi hutan liar. Babi ini dalam beberapa kisah dikatakan dikirimkan oleh Ares yang cemburu melihat kedekatan Adonis dan kekasihnya, Aphrodite. Aphrodite sangat berduka, tapi tidak berdaya menyaksikan kekasihnya dibawa ke alam kematian yang dikuasai Hades.

The Awakening of Adonis. John William Waterhouse
Persephone, istri Hades, terpesona menyaksikan ketampanan Adonis dan seketika tergila-gila padanya. Dia meminta agar Adonis dijadikan pelayan pribadi di istananya. Dan saat Hades tidak memperhatikan, dia akan diam-diam menyelinap ke kediaman Adonis didunia kematian untuk merayunya.

Kecantikan luar biasa Persephone menghilangkan rasa takut Adonis kepada kekuasaan Hades. Apa yang tidak diketahuinya, tidak akan menyakitinya, bukan? Jadilah keduanya sepasang kekasih gelap. Hades tidak pernah tahu. Dia hanya menyangka bahwa Adonis adalah pelayan yang paling disayangi oleh Persephone.

Namun Aphrodite, ternyata tetap tidak bisa menerima kematian Adonis. Dia terus merindukan kekasih tampannya ini. Meratap dan merajuk. Aphrodite mengancam Hades untuk segera mengembalikan Adonis padanya. Jika tidak, Dewi Percintaan ini akan menghancurkan semua cinta di bumi dan dilangit.

Hades awalnya menolak, karena Adonis adalah kesayangan istrinya. Dan mau ditaruh dimana harga dirinya sebagai Dewa Bawah Tanah jika semua yang mati bisa seenaknya dihidupkan kembali? Tapi ternyata Aphrodite serius dengan ancamannya. Semua cinta perlahan menghilang dari seluruh dunia. Kehidupan menjadi begitu kering dan hampa.

Bahkan Zeus pun terkena kutukan ini. Hidupnya dengan istrinya yang pencemburu dan pemarah, Hera, yang memang sudah berat, menjadi tidak tertahankan tanpa ada cinta diantara keduanya. Hari-hari menjadi amat menjemukan.

Ini menyebabkan Zeus turun tangan dan meminta Adonis langsung kepada Hades. Persephone lalu mengusulkan agar waktu kehidupan Adonis dibagi tiga. Dalam setahun, empat bulan di sekitar musim dingin, Adonis turun ke bawah tanah, di musim panas ke musim gugur, selama empat bulan bersama Aphrodite dan empat bulan sisanya, Adonis bebas memilih dengan siapa dia ingin bersama.

Tentu saja bukan hal yang kebetulan bahwa di musim semi Persephone pulang untuk menemui ibunya selama enam bulan. Sehingga dia bisa bebas bertemu Adonis tanpa harus sembunyi-sembunyi dibelakan Hades. Meskipun tetap saja dia harus bersaing dengan Aphrodite untuk mendapatkan Adonis.

Ini yang menyebabkan terkadang musim dingin menjadi panjang, saat Adonis memilih menghabiskan sebagian dari empat bulan haknya dengan Persephone, dan kadang menjadi pendek, saat Adonis memilih Aphrodite.

Hingga kini penganut beberapa cabang agama Wicca, yang juga dikenal sebagai agama pagan, masih menyembah Aphrodite sebagai salah satu dewi terpenting. Memanggilnya saat membuat jampi jampi yang berkaitan dengan percintaan dan hasrat sexual.

 

Dalam seri ini :

Seri 12 Dewa Olympus 1   : Zeus, Raja Para Dewa
Seri 12 Dewa Olympus 2   : Hera, Pemimpin para Ibu yang Pencemburu
Seri 12 Dewa Olympus 3   : Poisedon, Penguasa Samudera
Seri 12 Dewa Olympus 4   : Demeter, Penentu Hasil Panen
Seri 12 Dewa Olympus 5   : Athena, Dewi Kebijaksanaan yang Tidak Mau Kalah
Seri 12 Dewa Olympus 6   : Apollo, Dewa Tampan Serba Bisa
Seri 12 Dewa Olympus 7   : Artemis, Dewi Pemburu Pencinta Alam Liar
Seri 12 Dewa Olympus 8   : Ares, Dewa Perang yang Dipuja dan Dibenci
Seri 12 Dewa Olympus 9   : Aphrodite, Dewi Percintaan yang Menguasai Cinta Manusia dan Dewa
Seri 12 Dewa Olympus 10 : Hephaestus, Dewa Api yang Terampil
Seri 12 Dewa Olympus 11 : Hermes, Pengantar Pesan yang Iseng
Seri 12 Dewa Olympus 12 : Dionysus, Dewa Anggur yang Ekstrim

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Manga Bela Diri Jadul Favorit

Yakuza, Organisasi Kriminal yang Menjaga Etika

Seri 12 Dewa Olympus 6 : Apollo, Dewa Tampan Serba Bisa