Posting Terbaru

Mengenang Peristiwa yang Saya Alami di Desember Bertahun Lalu

Gambar
Saya pernah dibuli dengan hebat di Desember 2019, karena saat itu saya mempertanyakan kenapa setiap saya masuk mall, mendadak suaranya dikeraskan. Saat itu kebetulan natal, dan saya dianggap mengeluhkan lagu Natalnya, dan bukan suara yang dikeraskan. Dan karena saya berhijab, dinegara dimana orang berhijab seringkali dituduh sebagai intoleran oleh para Islamophobic, maka saya langsung difitnah besar besaran. Sungguh lucu di negara yang katanya penganut muslim terbesar, tapi seorang muslim tidak bisa sama sekali bersuara. Bahkan saat dilecehkan oleh operator. Kata rasis dan Islamophobic seperti Kadrun, bertebaran menghina hijab saya. Bahkan sampai sekarang banyak artikel penulis murahan, yang isinya menguliahi saya dengan penjelasan yang tidak masuk akal mengenai keluhan saya. Padahal penjelasannya sederhana saja, yang di cuitkan oleh satu netizen yang saya rephrase :  "Ada kode khusus dikalangan retail shop/mall, jika ada kejadian tertentu, seperti ada pengunjung yang diduga akan

Psikopat di Kantor

Pixabay/Office
Kita terkadang terpengaruh image film-film horror saat memikirkan apa itu psikopat. Wajah yang suram dan dingin. Sikap yang menjaga jarak. Memandang kita dengan tatapan aneh serba mencurigakan atau dengan senyum dibuat-buat lalu ketawa ngikik seperti hantu. Perkataan yang dingin dan menusuk atau bahkan mencaci maki kejam.

Lebih jauh lagi, orang berpikir bahwa psikopat adalah seorang kriminal. Seseorang yang memegang pisau, siap menikam kita. Itulah yang kita anggap sebagai psikopat. Seperti Norman Bates dalam film Psycho.

Tapi Psikopat sebetulnya sangat jauh berbeda dari itu. Mereka terlihat normal, cenderung ramah bahkan pandai melucu. Penampilannya tepat, tidak norak berlebihan, tidak kusam seperti orang stress. Wajah yang menyenangkan, dengan kata-kata serba tepat yang membuat kita langsung merasa dekat dengan mereka. Semua tindakannya begitu nyaman, membuat kita ingin menjadi teman mereka. Membuat kita ingin menolong mereka.

Begitu baik dan hangatnya mereka, membuat kita, sekalipun sudah diperingatkan : Hati-hati, dia itu psiko kejam loh! Kita tidak akan mau percaya. Kita tidak akan bisa. Karena karismanya jauh melebihi perkataan orang.

Malah kita akan berbalik berpikir : Halaaah! Dasar manusia-manusia sirik tukang gosip!

Soalnya dalam pikiran kita orang psikopat itu adalah manusia buli menyebalkan. Yang akan teriak-teriak membentak kita, menghina kita kalau ada kesempatan. Yang selalu menjatuhkan kita begitu ada kesempatan
Psikopat tidak sesederhana itu jendral!
Apalagi Psikopat di perusahaan-perusahaan besar. Yang biasanya justru sukses dalam karirnya karena dia seorang Psikopat. Mereka ini justru akan sangat dihargai oleh perusahaan karena memberikan kontribusi yang sangat besar, meskipun kontribusi ini didapat dari penderitaan orang lain.

Tidak banyak orang yang betul-betul Psikopat di dunia kerja, hanya sekitar 1% saja. Jadi jangan sembarang menuduh orang psikopat.

Psikopat adalah orang-orang yang sama sekali tidak memiliki hati nurani. Tidak ada sama sekali rasa belas kasihan pada orang lain. Tidak ada ganjalan dalam hati mereka saat mereka melakukan hal-hal yang terlarang atau bahkan melanggar hukum. Selama mereka bisa mencapai tujuan mereka.

Manusia normal, saat dengan sadar menyakiti orang lain. Melihat airmata orang lain jatuh. Akan ada rasa terharu dan bersalah. Saking merasa bersalahnya orang bisa sampai bisa stress dan kena insomnia.

Psikopat sama sekali tidak punya rasa itu. Dia bisa membunuh karir seseorang, melemparkan kesalahan pada orang lain, lalu kemudian bercakap-cakap dengan hangat dan riang membicarakan hal lain, dan kemudian dimalam hari tidur nyaman tanpa gangguan nurani sama sekali.

Seorang Psikopat menyakiti orang lain tidak hanya karena merasa khawatir disaingi, atau takut dikalahkan. Mereka menyakiti orang kadang semata karena rasanya menyenangkan. Memuaskan. Melihat orang saling bertengkar dan saling membenci karena hasutannya, juga salah satu permainan yang asyik bagi mereka.
Dunia boleh runtuh, jika itu berarti mereka bisa meningkatkan karirnya.
Jadi sebelum karir anda runtuh dijegal seorang Psikopat, mungkin anda bisa bersikap waspada dengan lebih dahulu mengenali tanda-tanda mereka :

Mereka sangat pandai berbohong. 
Begitu pandainya sehingga butuh waktu lama bahkan selamanya anda bisa tidak sadar bahwa sudah dibohongi. Ini karena mereka punya waktu bertahun-tahun latihan berbohong tanpa rasa bersalah.

Mereka sanggup berbohong dalam jangka waktu panjang. Kalau sampai tertangkap basah, mereka akan dengan cerdik menghindari tuduhan, bahkan melemparkan kesalahan pada orang lain. Lalu melanjutkan kehidupan seperti biasa. Tetap berbohong.

Mereka tidak peduli persahabatan bertahun-tahun, hubungan persaudaraan. Mereka akan merebut dan menghancurkan karir anda dalam sekejap, jika mereka merasa perlu. Bahkan saat mereka sekedar ingin bersenang-senang diatas penderitaan anda.

Merasa diri sangat penting 
Ego yang besar biasanya adalah karakter utama seorang psikopat. Mereka berpikir, kepentingan mereka yang harus dinomorsatukan, karena mereka lah yang terbaik. Merekapun berpikir bahwa orang lain pun menomorsatukan diri mereka sendiri dan setiap saat akan menjatuhkan si Psikopat. Karenanya ada kebutuhan besar untuk membela diri.

Hukum dan aturan yang berlaku itu adalah untuk orang-orang lain yang tidak sepenting diri mereka. Karenanya, mereka tanpa segan berbuat curang, menipu, korupsi, lalu melemparkan kesalahan pada orang lain. Mereka sendiri harus menang dengan cara APAPUN.

Jika anda protes, merasa tertipu atau dicurangi, mereka akan dengan lihai membuat anda justru menyalahkan diri sendiri..

Sesekali ada ledakan tidak terkendali. 
Seorang psikopat saat merancang suatu hal akan melakukannya secara detail dan penuh perhitungan. Tetapi ada trigger tertentu yang membuat seorang psikopat meledak lalu melakukan hal yang gila-gilaan.

Tidak selalu berupa marah marah atau teriak-teriak tidak terkendali. Tapi bisa juga mendadak pesta gila-gilaan di rave party, melakukan hubungan seks dengan orang asing, melakukan olah raga ekstrim. Semua tanpa rencana dulu semata mengikuti impuls saat itu.

Berbeda dengan orang normal yang merasa malu atau menyesal setelah meledak, mereka akan kembali menjadi diri mereka kembali, yang hangat dan ramah. Bahkan sedikit memelas, sehingga orang akan bersimpati. Tidak ada penyesalan.

Selalu ada udang dibalik batu.
Semua perbuatan baik yang dilakukan oleh seorang psikopat, dilakukan karena dia ingin mendapatkan sesuatu dari anda. Sebaliknya, dia tidak berpikir demikian mengenai anda. Karena merasa dirinya begitu hebat, dan sudah sepantasnya mendapatkan kebaikan dari anda.

Berkat latihan bertahun tahun, dia akan menggunakan kata yang tepat, trigger yang pas, sehingga anda termotivasi mengorbankan waktu anda untuk memacu kesuksesan karir dia.

Psikopat yang cerdas akan menghafal semua detail tentang anda, kebiasaan anda, keluarga anda bahkan binatang kesayangan anda, lalu memuji mereka disaat diperlukan, bertanya penuh perhatian mengenai ibu anda. Sehingga saat dia kemudian meminta bantuan, anda rasanya sulit menolak.

Sebaliknya, jika anda baik kepada dia, dia tidak akan membalas memberi bantuan yang sama. Dengan halus dia akan menolak permohonan anda. Tapi dengan kata-kata yang begitu rapih, sehingga justru anda yang merasa bersalah sudah merepotkan dia. Kalaupun membantu, siap-siap saja, anda akan diminta bantuan yang lebih besar lagi.

Atau jika dia tidak merasa anda berguna bagi dia, dia akan menolak anda begitu saja mentah-mentah.

Menempel bagai kutu 
Selama mereka merasa anda berguna bagi dia, psikopat akan terus mendekati anda. Berbaik-baik, merendahkan diri. Bahkan setelah ketahuan belangnya, dia tidak akan merasa malu. Menempel terus dengan segala cara.

Ada yang menggunakan strategi intimidasi, ditakut-takuti, jika berani keluar akan dilaporkan kepolisi atau akan disebarkan suatu berita mengenai diri anda sehingga anda tidak akan bisa dipekerjakan dimanapun.

Ada yang berusaha meluruhkan hati dengan menceritakan latar belakang kehidupan mereka yang sulit. Ibu mereka yang sedang sakit. Betapa mereka satu-satunya sumber penghasilan keluarga. Sehingga orang merasa terlalu kasihan untuk menolak mereka.

Bahkan ada yang menggunakan seks, sehingga korban mereka terjebak dan tidak bisa melarikan diri lalu memenuhi semua keinginan mereka.

Tidak gampang merasa jijik 
Kita biasanya jika melihat adegan pembunuhan berdarah-darah, penyiksaan binatang, kotoran, pasti akan bereaksi negatif. Saat mencium bau luar biasa busuk, mungkin akan muntah. Mendengar orang menjerit-jerit, akan ngeri.

Seorang Psikopat tidak memiliki reaksi jijik ini. Mereka akan tenang saja makan ditengah-tengah gundukan sampah, disebelah orang muntah, sekalipun mereka bukan pemulung. Mereka tidak merasa ngeri melihat hewan disembelih, meski mereka bukan tukang jagal.

Tetapi kebanyakan psikopat sudah melatih diri mereka untuk pura-pura jijik, agar bisa terlihat sama seperti orang lain.

--
Selintas psikopat ini akan menguntungkan untuk perusahaan. Karena mereka akan melakukan segalanya untuk kepentingan perusahaan. Tapi dalam jangka panjang, mereka akan membahayakan perusahaan, karena barisan orang sakit hati akan semakin memanjang. Pembalasan dendam tinggal menunggu waktu.

Juga karena mereka tidak merasa ragu melakukan hal-hal yang melanggar hukum, perusahaan bisa terkena perkara kriminal. Dan bagi mereka yang terlibat dalam perusahaan, siap-siap saja terkena getahnya. Karena seorang psikopat yang lihai akan selalu memastikan memiliki seorang atau lebih kambing hitam untuk disalahkan.

Jika anda tersadar sudah bekerja pada seorang psikopat hal yang pertama disarankan adalah : Segera resign. Karena hal-hal buruk yang menimpa anda, stress yang anda alami akan menumpuk dan bertambah parah. Tinggalkan.

Jika ada pegawai anda yang psikopat, maka apa boleh buat. Terpaksa harus dilepas. Ini bukan hal yang mudah, karena biasanya mereka adalah pegawai yang cemerlang dan berprestasi. Dan bukan tidak mungkin dia akan mendendam pada anda dan menghancurkan anda sebagai bentuk balas dendam.

Bagaimana jika teman sekantor yang psikopat? Jika anda tidak bisa resign, maka menjauh saja. Tapi lakukan dengan sopan. Agak sulit jika anda termasuk orang yang bisa dia manfaatkan atau bisa dia siksa. Bergabunglah dengan orang lain yang cukup kuat. Karena psikopat lebih suka menerkam yang lemah.

Tapi lakukan dengan penuh rahasia, jangan sampai si Psikopat tahu. Karena dia akan segera membalik keadaan dan membuat seolah-olah ANDA lah yang salah.
Selalu dokumentasi segala interaksi anda dengan si Psikopat. Screenshot, rekaman telfon, tanda terima, semua harus terdokumentasi. Karena bisa jadi dia melakukan pembalasan jangka panjang.
Yakinkan dalam hati bahwa Andalah korbannya. Karena si Psikopat akan berusaha keras membuat anda merasa bersalah.

Sibukkan anda dalam pekerjaan, sampai tidak ada celah bagi dia bahkan untuk sekedar mengobrol. Jangan ikut makan siang bersamanya, hindari segala kesempatan berdua dengan dia, katakan anda bokek atau alasan lainnya. Kalaupun terpaksa, pergilah beramai-ramai dengan banyak orang. Selalu harus ada saksi dipihak anda.

Tetapi seorang psikopat profesional, biasanya sangat sukses dan mampu memuaskan ambisi anda jika anda bisa memenuhi segala kebutuhan dia. Mampu untuk terus mengelus egonya. Jika anda merasa cukup kuat, maka tidak selalu harus dihindari, selama dia tidak melakukan hal-hal yang melanggar hukum.

Karena pada akhirnya, tidak ada orang yang sempurna.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Manga Bela Diri Jadul Favorit

Yakuza, Organisasi Kriminal yang Menjaga Etika

Seri 12 Dewa Olympus 6 : Apollo, Dewa Tampan Serba Bisa